Sabtu, 20 April 2024
  • (0473) 21001
  • perikanan@luwuutarakab.go.id

Kadis Perikanan Luwu Utara Tebar Benih Bandeng di Desa Ladongi

Kadis Perikanan Luwu Utara Tebar Benih Bandeng di Desa Ladongi Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (kiri) bersama Kadis Perikanan Luwu Utara, Muharwan (kanan) berbincang sesaat sebelum melepas benih bandeng di Desa Ladongi. FT: IST


INPUTSULSEL.com, LUWU UTARA– Semalam di Desa Ladongi, Kepala Dinas Perikanan Luwu Utara, Muharwan bersama Bupati Luwu Utar, Indah Putri Indriani menebar benih bandeng, Sabtu (31/3).

Sebagai bahan informasi, kondisi tambak payau di Desa Ladongi berkisar 215 Ha dengan tingkat produktivitas baru mencapai 0, 7 ton/ha.

“Ke depannya kita harap bisa mencapai 2 ton/ha, untuk mencapainya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti infrastruktur budidaya tambak terkait saluran suplesi, pintu air, caren bahkan bila memungkinkan adanya tandon sebagai filter pemasukan air, sumber nener berkualitas yang berasal dari perusahaan pembibitan yang bersertifikasi yang terdapat di Barru dan Takalar, pola penggelondongan yang harus baik dengan metode pakan nauplius dan artemia sistem tebar dan pasca panen yang memadai,” terang Muharwan.

Semntara itu, Indah Putri Indriani meminta kepada Kelompok Cahaya Laut dan Kelompok Biru Laut agar dapat dijadikan sebagai unit ekonomi, wahana belajar, dan unit produksi.

Indah juga berharap agar memperbaiki teknologi budidaya dengan menggunakan pakan alami dan penumbuhan plankton.

“Diperlukan penanganan air limbah yang baik dari limbah sawit sehingga tidak mengganggu habitat hidup benih, dan bibit bandeng yang ditebar harus ada perlakuan maksimal dari kelompok pembudidaya,” ucap Indah. (*)