Selasa, 23 April 2024
  • (0473) 21001
  • perikanan@luwuutarakab.go.id

Integrasi Pembangunan di Sektor Kelautan dan Perikanan, Kadis Perikanan Lutra Kunjungi Rumah Nelayan

Integrasi Pembangunan di Sektor Kelautan dan Perikanan, Kadis Perikanan Lutra Kunjungi Rumah Nelayan Kunjungan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani beserta rombongan di Desa Tamuku Kecamatan Bone-bone. FT: IST

PPID — Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Utara, Muharwan turut mendampingi Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat meninjau pembangunan rumah nelayan di Desa Tamuku Kecamatan Bone-bone, Minggu (1/7).

“Kunjungan ini dalam rangka mengintegrasi pembangunan di sektor kelautan dan perikanan,” ucap Muharwan.


Seperti diketahui, terdapat 50 unit
rumah nelayan yang akan diintegrasi dengan jalan keliling di perkampungan dan lokasi pemukiman nelayan.


“Ini memungkinkan untuk membuat tambat labuh dalam rangka akses bagi kegiatan nelayan di perairan laut dan umum, akses juga bagi pembudidaya rumput laut, normalisasi saluran yang dimungkinkan bagi dana desa dan juga perbaikan serta penyiapan infrastruktur lingkungannya,” papar Muharwan.


Lebih lanjut, Muharwan katakan sebagain besar calon penghuni rumah nelayan adalah nelayan pengguna alat tangkap pukat tasi dan nilon.


“Jenis ikan yang tertangkap adalah ikan kembung, tembang, anai, cakalang, kakap, kerapu, jenis udang udangan, baracuda, dan jenis lainnya. Ini dalam rangka menambah pendapatan masyarakat, dan juga bagi pembudidaya ditambak berupa udang, bandeng dan rumput laut jenis gracillaria,” terangnya.


Untuk diketahui turut hadir Kasi Evaluasi dan Pelaporan Ditjen Perumahan Rakyat, Kaur DPRKP2 Provinsi Sulsel, Kadis PMD, Camat Bone-bone, Unsur Muspika, dan anggota BPD.


Selain mengevaluasi pembangunan rumah nelayan, kunjungan tersebut juga untuk meninjau kegiatan kemasyarakatan khususnya pemanfaatan dana desa, bumdes, infrastruktur air minum dan air bersih dan kegiatan lainnya. (*)