Jumat, 26 April 2024
  • (0473) 21001
  • perikanan@luwuutarakab.go.id

Maksimalkan Ketersediaan Benih, Dinas Perikanan Luwu Utara Bina UPR dan Kelompok Budidaya Ikan

Maksimalkan Ketersediaan Benih, Dinas Perikanan Luwu Utara Bina UPR dan Kelompok Budidaya Ikan Kadis Perikanan Luwu Utara, Muharwan di tengah-tengah pembinaan kepada kelompok pembudidaya ikan di Desa Salokoe.


PPID— Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Utara melakukan pembinaan UPR dan kelompok budidaya ikan di Desa Salokoe Kecamatan Malangke, Rabu (11/7).

Pembinaan kelompok pembudidaya ikan ini dilakukan guna memaksimalkan ketersediaan benih udang Vammame.

Kepala Dinas Perikanan, Muharwan menuturkan informasi yang dihimpun kelompok paripurna yang ada di Desa Salokoe bahwa benih post larva 7 hari diambil dari Surabaya dan digelondongkan selama 7 hari.

“Sehingga PL 14 yang dipelihara petambak di Dusun Makitta Desa Salokoe setiap minggu dari tiga kelompok pembudidaya ikan dapat menghasilkan 600.000 Ribu ekor ikan. Untuk meningkatkan hasil produksi gelondongan maka perlu ada penambahan sebanyak 1,2 atau dua kali lipat dalam memenuhi kebutuhan petambak,” terang Muharwan.

Lebih lanjut Ia katakan jumlah udang dan bandeng yang keluar dari Dusun Makitta sebanyak 11 ton perhari atau 11 Mobil Box dalam bentuk udang dan bandeng yang siap konsumsi.

Demi meningkatkan produksi dan produktivitas tambak perlu dilakukan teknologi pembenihan dan penggelondongan ditingkatkan, memperbaiki, dan menyiapkan infrastruktur pembenihan yang berkualitas, menggandeng mitra dari luar dalam rangka pembenihan pembenih petambak dan kerjasama dengan perusahaan Hatchery berkelas yang ada di Kabupaten Barru dan Takalar.

“Juga menggalang informasi dari semua pihak dalam rangka mendukung akses jalan, tambat labuh, perlakuan atau penanganan hasil perikanan,” pungkasnya. (*)