Jumat, 19 April 2024
  • (0473) 21001
  • perikanan@luwuutarakab.go.id

Dinas Perikanan Lutra Berikan Bantuan Petani Nelayan

Dinas Perikanan Lutra Berikan Bantuan Petani Nelayan Bantuan yang akan diserahkan ke kelompok nelayan


Demi tercapainya kesejahteraan masyarakat kecil yang bergerak dibidang pertanian nelayan atau penangkapan ikan. Dinas perikanan Kabupaten Luwu utara memberikan bantuan kepada para kelompok tani nelayan disejumlah desa di wilayah kabupaten luwu utara.

Bantuan yang diberikan itu berupa, Mesin, alat pancing tonda, pukat kakap, purse seine, Perahu Motor tempel, jermal, dan pukat tasi.

Untuk mesin, diberikan kepada kelompok tani nelayan Masempo dalle sebanyak 7 unit, pasir putih 3 unit.

pukat kakap 1 unit diberikan kepada kelompok tani jawi jawi desa rampoang.

Lalu alat tangkap purse seine 1 paket diberikan kepada kelompok tani samudra, desa tokke.

Kelompok Nelayan garuda desa wara, diberikan perahu motor tempel sebanyak 4 unit.

Alat tangkap jermal diberikan kepada kelompok tani nelayan sukses desa pembuniang sebanyak 1 Ls, dan desa cenning 1 Ls dengan kelompok penerima nurul hidayah.

Untuk pukat tasi sendiri diberikan kepada dua kelompok nelayan  yakni kelompok kalora pesisir sebanyak 8 unit dan kelompok nelayan Patikalae 9 unit.

Sementara itu kepala dinas perikanan kabupaten luwu utara Muharwan, S.Pi, M.Si mengatakan pemberian bantuan kepada para petani tersebut, sebagai bentuk dan upaya pemerintah kabupaten luwu utara melalui dinas perikanan, untuk mensejahterakan para petani nelayan, dan juga dalam rangka peningkatan pendapatan pembudidaaya ikan dan nelayan dikabupaten luwu utara.

“kabupaten luwu utara memiliki panjang garis pantai 52.5 km dengan tingkat produksi 1.650 Ton pertahun dengan berbagai jenis ikan tangkapan, jika ini bisa kita manfaatkan dan kita kelolah dengan baik, melalui kelompok tani nelayan, maka pendapatan luwu utara dalam segi pertanian nelayan akan meningkat, dan pastinya akan berimbas pada kesejahteraan masyarakat”. Kata Muharwan.

Selain itu Muharwan juga mengatakan, pemerintah kabupaten luwu utara melalui dinas perikanan kabupaten luwu utara akan terus berupaya membantu para petani nelayan melalui bidang pemberdayaan nelayan kecil. “ini sesuai dengan kewenangan uu. no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yaitu pembinaan nelayan kecil, dan juga upaya kita dalam mensejahterakan masyarakat petani nelayan”.Tutup Muharwan.

Sumber : (Media Duta/IR/DP)